Saturday, November 27, 2010

Ceritanya Kok Kamu Banget...

Kalau kamu suka nulis, terutama nulis cerita fiksi pasti pernah ngerasain malu dibaca orang, terutama orang terdekat karena ceritanya tuh hampir seluruhnya mirip banget sama yang kamu alami. Takut sendiri ama yang bakal kamu dengar dari temen - temen kamu. Karena biasanya mereka bakal bilang, " Wah, ini mah ceritanya lo banget ya! Hihihi." atau, " Hmm.. Si dodi di novel lo ini pasti maksudnya si Rido mantan lo itu deh!" Aduuuuuuuhhh, males banget gak sih denger komentar - komentar yang kayak gitu! Dan sebelnya lagi, siapa lagi coba yang bakal kamu mintain baca ceritamu yang belum di publish itu kalau bukan orang - orang terdekat kamu.. Huft..

Tapi sebelum kamu merasa malu, coba deh baca bibliografi penulis fiksi favorit kamu dan bandingkan dengan karya tulisannya. Pasti ada deh, sesedikit apapun, yang bakal bikin kamu "Ohhh gitu.." "Ohh ternyata Hermione kutu buku itu karena emang JK Rowling nya dulu juga kutu buku.."

Bahkan, jika kamu baca bukunya Meg Cabot yang Size 12 Is Not Fat, di bagian belakangnya Cabot menceritakan kisah - kisah masa lalunya yang memang dia implikasikan ke dalam novelnya. Intinya, masa lalu dia, dia tuliskan tapi dengan karakter bernama Heather Wells dan dengan dibubuhi cerita imajinasinya.

So, awal - awalnya emang gak enak, tapi kalau fiksi kamu berhasil diterbitkan, orang luar sana yang baca nggak akan ngeh juga kali.

Dan dengan menulis berdasarkan apa yang pernah kita alami atau apa yang pernah kita rasakan, pasti banyak yang pengen ditulis dan menulisnya pun penuh gairah.

So, feel free to write! ;)

0 comments:

Post a Comment